Selasa, 01 Oktober 2013

Cara Membuat Nasi Pecel (Salad Tradisional Jawa)

Pecel merupakan salah satu warisan kuliner Indonesia, khususnya seni kuliner Jawa yang berbahan dasar sayur-sayuran rebus yang dihidangkan dengan bumbu kacang. Hidangan pecel dapat dikategorikan sebagai hidangan salad tradisional Jawa dengan bumbu kacang. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan (Wikipedia).

Nasi Pecel


Nasi pecel adalah salah satu makanan tradisional yang harus dilestarikan. Yang makanan ini dinamakan nasi pecel adalah karena sambalnya bernama sambal pecel. Nah, kali ini akan saya berikan cara berikan membuat nasi pecel. Saya lumayan paham dengan masalah perpecelan karena mbah saya adalah penjual nasi pecel.
Bahan yang paling utama dalam membuat nasi pecel adalah sambal pecel. Untuk mendapatkan sambal pecel anda tidak perlu membuatnya karena banyak sekali penjual nasi pecel jadi tinggal beli aja sambalnya. Menurut saya semua makanan apabila sudah ditaburi sambal pecel maka makanan itu sudah mendapat gelar pecel.
Bahan berikutnya adalah nasi, namanya juga nasi pecel jadi harus ada nasinya.
Bahan selanjutnya adalah rebusan sayuran bisa bayam, kangkung, sawi, toge, dll sesuai selera masing-masing. Biasanya juga ditambah potongan timun.
Bahan pelengkapnya adalah lauk pauk seperti tahu, tempe, ayam dll.
Dan khas nasi pecel yang tidak boleh terlewati adalah peyek. Peyek adalah sejenis krupuk sebagai pelengkap nasi pecel.
Cara membuatnya :
Siapkan nasi dalam piring sesuai porsi
Tambahkan rebusan sayuran diatasnya
Taburkan sambal pecel diatas rebusan sayuran sesuai selera
Tambahkan lauk yang anda suka
Yang terakhir adalah taruh hiasan peyek diatasnya dan nasi pecel buatan anda siap dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar